Goa Hawang - Wisata Alam yang Misterius


Selain wisata bahari, kota Tual juga mempunyai objek wisata alam yang tak kalah indah dan masih menyimpan misteri. Destinasi wisata alam ini bernama Goa Hawang ( Hawang dalam bahasa setempat "setan"), goa ini terletak di Desa Letvuan, Kei Kecil, Maluku Tenggara. Goa ini berjarak kurang lebih 15 km dari Langgur ( pusat kota Tual ), lama perjalanan untuk sampai ke objek wisata ini sekitar 30 menit.

Yang membuat goa ini menyimpan misteri adalah tidak ada seorang pun yang tahu pasti kapan goa ini ditemukan. Namun menurut cerita penduduk setempat bahwa goa ini ditemukan oleh para tetua di Kepulauan Kei sejak lama. Di dalam goa ini terdapat sebuah kolam yang airnya sangat jernih sehingga Anda bisa melihat dasar kolam yang berupa bebatuan dengan jelas.
Kolam ini terhubung langsung dengan mata air Evu melalui sungai bawah tanah. Mata air Evu adalah sumber mata air terbesar di kepulaun Kei. Objek wisata ini terdiri dari dua buah goa yang berjarak sekitar 15 meter yang dihubungkan oleh sungai bawah tanah. Anda dapat mengunjungi kedua goa tersebut dengan menyelam melewati sungai bawah tanah.

Di dalam goa ini terdapat beberapa buah batu yang melambangkan seorang pria memegang tombak bersama dua ekor anjingnya. Menurut legenda yang berkembang bahwa seorang laki laki pergi berburu babi dengan anjingnya. Namun babi tersebut berlari menuju kolam di goa ini dan tiba tiba menghilang, karena lelah pemburu tersebut bersama anjingnya meminum air di dalam goa ini. Karena dirasa airnya kurang enak, sang pemburu pun mengeluarkan kata kata kotor yang mengakibatkan dia bersama anjingnya dikutuk dan berubah menjadi batu.

Untuk menuju objek wisata ini, Anda bisa menggunakan angkutan umum atau dengan Kendaraan sewa atau rental car dari terminal Langgur menuju desa Letvuan, cara lain yaitu dengan menyewa kendaraan. -Ngormel7
Sumber

klik DISINI untuk kembali ke menu Wisata

1 komentar :

  1. Terimakasih kak sudah nulis tentang artikel ini. sangat membantu banget setelah membacanya.
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini
    Berikut link Harga Tiket wisata dari beberapa tempat wisata di indonesia .
    Harga Tiket The Lodge Maribaya

    Harga Tiket Taman Legenda Keong Mas

    Virtual Tour Indonesia

    Harga Tiket agung fantasi waterpark

    Harga Tiket watersplash darmawangsa

    Harga Tiket rinjani waterpark

    Harga Tiket Go splash panjibuwono

    Virtual Tour Indonesia

    BalasHapus

Cinematic Movie